Jumat, 19 Oktober 2018

99+ Inilah Tandanya Anda Sudah Perlu Punya Gudang di Rumah

Seperti yang kita ketahui bahwa bagaimana cara memilih disain model rumah terbaru yang selalu kita cari untuk pembagunan rumah yang akan kita banggun dikala kita harus menyesuaikan model dengan gaya terbaru agar terlihat bagus dan nyaman di huni bersama keluarga. Rumah Minimalis memang menjadi cita-cita yang di dambakan keluarga.


Sering kali gudang dianggap sebagai suatu ruangan yang tidak diperlukan, sampai kemudian yang terjadi adalah perabotan atau barang-barang tidak berguna, jarang terpakai, berceceran dan menumpuk di semua sudut ruangan rumah Anda. Tapi apakah itu pasti berarti bahwa Anda sudah perlu punya gudang di rumah ?!

inilah-tandanya-anda-perlu-punya-gudang-di-rumah
Kondisi rumah yang berantakan, apakah tanda perlu punya gudang ? foto :parenting.com

Inilah Tanda Anda Membutuhkan Gudang di Rumah



inilah-tanda-bahwa-anda-sudah-membutuhkan-gudang-di-rumah
Barang menumpuk dan tercecer di dalam ruangan rumah, tanda membutuhkan gudang ? foto;rockingmama.id

Rumah dengan kondisi berantakan tidak selalu menandakan bahwa rumah tersebut membutuhkan gudang. Bisa saja pengaturan dan penataan barang-barang dan perabot belum maksimal.

Namun jika rumah masih berantakan dengan banyak barang tergeletak dan berceceran di dalam rumah, padahal lemari-lemari, meja, dan rak-rak sudah ditata rapi dan penuh, maka itulah tanda bahwa Anda sudah perlu memiliki gudang di dalam rumah Anda.

Manfaat Mempunyai Gudang di Rumah


Keberadaan gudang dalam rumah tinggal sebenarnya penting, terutama ketika Anda memiliki banyak barang yang jarang atau tidak terpakai namun masih digunakan sewaktu-waktu, dan barang-barang tadi tidak tertampung lagi di dalam lemari atau rak penyimpan, sehingga membuat sempit dan suasana ruangan di dalam rumah Anda berantakan .

Gudang pada rumah tinggal, dapat berupa satu ruangan kosong dalam rumah, atau bisa juga ditambah lemari dan rak penyimpanan barang di dalamnya. Jika lahan rumah Anda luas, bisa juga membangun ruang gudang terpisah di luar rumah. Bentuk gudang luar rumah ini bisa didesain sesuai selera dan kebutuhan.

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya gudang dalam rumah tinggal.

  1. Gudang berfungsi untuk menyimpan barang-barang dan perabotan yang sedang tidak terpakai, misalnya mainan anak, hiasan natal, tas dan sepatu gunung, sepeda, peralatan seperti obeng dan kunci kendaraan.

  2. Gudang juga berfungsi untuk menyimpan barang-barang dan perabotan yang sudah tidak terpakai, misalnya pakaian bekas, tas bekas. barang-barang itu sementara bisa kita simpan di gudang, sebelum pada saatnya kita berikan kepada pihak yang membutuhkan, misalnya saat ada bencana, atau untuk aksi sosial.

  3. Gudang yang berfungsi sebagai tempat menyimpan barang yang rapih, sehingga memudahkan kita menemukan kembali barang atau peralatan tersebut saat membutuhkannya.

  4. Dengan berkurangnya barang-barang tak terpakai terserak dan teronggok di ruanganan dalam rumah, dan disimpan fokus di dalam satu ruangan gudang, maka ruangan lain dalam rumah menjadi lebih luas dan rapih.


Tips Menata Barang di Gudang Rumah Agar Rapih dan Aman




tips-menata-gudang-di-rumah
Gudang di rumah tertata cukup rapi, foto:houzz.com

Meletakkan barang dalam gudang penyimpan barang bukan berarti boleh semaunya. Gudang, terutama yang terletak dalam rumah, juga perlu ditata agar rapih dan tidak berantakan. Selain itu untuk mempermudah mencari barang di gudang jika sewaktu-waktu mau digunakan, maka barang yang tidak sering dipakai ataupun barang yang tidak dipakai maka harus dipisahkan.

Berikut ini 5 Tips menata barang dalam gudang agar gudang kita rapih.



gambar-gudang-sebe,um-dan-sesudah-dirapihkan
Gambar Gudang sebelum dan sesudah dirapihkan, foto;cleverlyinspired.com

1. Perhatikan Intensitas Pemakaian Barang

Sebaiknya perhatikan intensitas pemakaian barang-barang yang akan dimasukan ke dalam gudang. Bila barang tersebut dirasa akan dipakai kembali dalam jangka waktu yang dekat atau bahkan sering digunakan, maka sebaiknya anda letakan pada sudut yang mudah di jangkau.


2. Kelompokkan Barang Sejenis

Sebaiknya perhatikan jenis barang, kemudian kelompokkan yang sejenis, dan simpan di tempat yang sama. Misal sepatu, dari sepatu kerja, sepatu pesta, sepatu olahraga, sepatu santai, juga sendal-sendal, susun dan tempatkan di rak atau lemari yang sama.

Atau jika sekelompok barang itu hanya punya satu fungsi yang sama, bisa dikelompokkan jadi satu, misalnya "kelompok peralatan kemping" yang terdiri dari: tenda, peralatan masak, emergency lamp, sepatu lapangan; "kelompok peralatan untuk bersepeda", dan sebagainya. Tujuannya agar susunan barang di gudang terlihat rapih, dan jika membutuhkan, Anda lebih mudah mencarinya.



gambar-gudang-rumah-tinggal
Contoh Penataan Gudang di Rumah, foto:dominy.info

3. Menaruh Barang Besar Terlebih Dahulu

Dalam meletakan barang besar sebaiknya anda letakan pada pojok ruangan. selanjutnya anda letakan dengan berurutan dimulai dari yang besar dahulu lalu berikutnya yang kecil. hal tersebut membuat anda memudahkan untuk mencari barang yang akan anda pakai lagi.

Gudang sebaiknya dialiri udara dan sinar matahari 3 hari - seminggu sekali, agar ruangan gudang itu agar tidak pengap dan lembab yang dapat mengakibatkan barang di gudang mudah rusak.


4. Menambah Meja, Rak, atau Lemari pada Gudang Rumah Anda

Bila anda memiliki barang barang yang berupa dokumen penting atau pun data data maka sebaiknya anda simpan dalam gudang dan letakan pada lemari atau meja yang sudah tidak terpakai. Tetapi bila lemari tidak masuk pada ruang gudang tersebut maka sebaiknya anda menggunakan kotak plastik.

5. Membersihkan Gudang secara berkala

Meskipun gudang tidak sering terjangkau oleh anggota keluarga maka sebaiknya anda harus memberiskan secara berkala, menyapu pada bagian dalam gudang apakah ada tikus atau tidak yang pastinya akan merusak barang tersebut.

Demikian artikel tentangGudang Rumah, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat.

Untuk Merapikan rumah, anda perlu membaca ini : Tips Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Menuju : ke Welcome to Rumah Interior Lampung














Terimakasih atas kunjugan anda semoga artikel ini bisa benjadi acuan untuk membangun rumah di masadepan untuk keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar