Sabtu, 20 Oktober 2018

99+ Interior Rumah Tinggal

Seperti yang kita ketahui bahwa bagaimana cara memilih disain model rumah terbaru yang selalu kita cari untuk pembagunan rumah yang akan kita banggun dikala kita harus menyesuaikan model dengan gaya terbaru agar terlihat bagus dan nyaman di huni bersama keluarga. Rumah Minimalis memang menjadi cita-cita yang di dambakan keluarga.


Rumah tinggaldidesain sedemikian rupa oleh pemiliknya dengan beberapa alasan atau tujuan. Alasan yang melandasidesain interior rumah tinggaltak lepas dari alasan kenyamanan dan estetika. Dalam artikel ini kita akan membahas 2 hal mengenaiInterior Rumah Tinggal, yakni: definisidesain interior, dankonsep desain interiorrumah tinggal.






interior rumah tinggal
Interior Rumah Tinggal. Foto: Rumah Interior Lampung


DESAIN INTERIOR RUMAH




"Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia".




Desain interior rumah tinggal tentunya perlu mempertimbangkan keselarasan dengan desain eksterior rumah. Misalnya rumah tinggal berkonsep desain minimalis, maka desain interior rumah minimalis pula yang idealnya diterapkan pada rumah tersebut. Demikian pula seandainya desain rumah tinggal itu mengusung konsep modern atau klasik, maka interior rumah hendaknya menggunakan konsep desain interior rumah modern atau klasik pula.




KONSEP DESAIN INTERIOR RUMAH TINGGAL



Langkah awal dalam membangun rumah tinggal adalah menentukan konsep desain, meliputi desain eksterior dan desain interior rumah tinggal tersebut. Beberapa konsep desain rumah tinggal yang lasim digunakan antara lain:



Desain Interior Rumah Minimalis


konsep desain interior rumah minimalis modern



Desain Minimalis merupakan aliran gaya modern yang mengutamakan fungsi, dan nyaris tidak memberi ruang pada pemberian ornamen dan hiasan. Konsep minimalis lebih mengutamakan fungsi dari penggunaan bahan bangunan dan aksesoris secara lebih maksimal. Konsep ini juga selalu menghindari pemakaian ornamen atau hiasan rumah yang di anggap tak perlu. Sehingga efisiensi terhadap penggunaan bahan material harus di batasi.



Kunci utama dalam desain interior rumah minimalis adalah harmonisasi antara warna cat dan peletakan interior. Desain interior minimalis biasanya menggunakan cat warna lembut dan netral. Warna putih memberikan kesan bersih, sedangkan pemberian aksesoris yang minim pada dinding ruang akan mempertegas kesan minimalis. Ruang keluarga bergaya modern minimalis dibuat sedemikian rupa agar tercipta suasana yang informal, santai, dan cenderung playful.





Desain Interior Rumah Rustik


konsep desain interior rumah bergaya rustik



Desain interior rumah tinggal bergaya rustik merupakan desain yang mengutamakan bahan alami, berkarat, lapuk, dan di rancang menjadi elemen ruang. Dalam penerapannya terdapat beberapa bahan kunci yang bisa menggambarkan desain rustik, seperti kayu, batu alam, logam, dan sebagainya. Secara harfiah, Rustik diartikan sebagai sesuatu yang simpel, tak berseni dan kasar. Rustic dalam bahasa Indonesia berarti berkarat atau tua, dan memiliki tekstur yang kasar dan tidak difinish-ing dengan baik.



Konsep rustik adalah konsep yang berbasis pada kesadaran terhadap lingkungan dan dideskripsikan sebagai beragam gaya yang menekankan pada alam serta elemen material yang belum terpabrikasi. Desain rustik adalah desain yang membawa suasana alam ke dalam ruangan. Gaya rustik bisa diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior yang menitikberatkan pada kesan alami, dari material yang tidak difinishing atau dihaluskan.



Desain interior rustik modern akan membuat pengguna ruang merasa seperti kembali ke pedesaan namun dengan pemikiran masa kini. Gaya rustik mengutamakan perancangan suasna ruang agar terasa hangat dan nyaman. Karena pada dasarnya, gaya rustik berawal dari rumah log kayu yang dibangun di daerah iklim kutub. Demi menghangatnkan diri, maka digunakan material yang sesuai dan compatible seperti logwood yang disusun di semua elemen ruang. Warna-warna yang digunakan pada ruang rustik adalah warna yang membuat kesan hangat dan tenang seperti coklat, cream, putih, dan sebagainya serta warna yang berkesan kuat seperti hitam, coklat tua.




Desain Interior Rumah Klasik


konsep desain interior rumah bergaya klasik



Konsep interior rumah bergaya klasik berasal dari gaya Yunani dan Romawi dimana konsep ini berbasispada susunan, keseimbangan, dan harmonisasi yang sempurna. Desain klasik tidak termasuk elemen modern dan pengaruh yang terjadi saat ini. Interior klasik berangkat dari tradisi.



Sebuah ruang yang didesain dengan konsep klasik mempunyai banyak titik fokus. tungku api, meja besar, dan tangga yang megah adalah beberapa titik fokus yang sering digunakan. Konsep klasik menghasilkan tampilan yang megah dan mewah. Kecenderungan konsep klasik yang merupakan inefisiensi adalah penggunaan material yang lebih banyak dan butuh waktu lebih lama dalam pengerjaannya.




Desain Interior Rumah Futuristik


konsep desain interior rumah bergaya futuristik




Konsep interior rumah bergaya futuristik menampilkan citra futuristik pada ruang, memberikan kesan bahwa ruangitu berorientasi ke masa depan atau citra bahwa bangunan itu selalu mengikuti perkembangan jaman yang ditunjukkan melalui ekspresiruang. Konsep interior futuristik ini didasarkan pada imajinasi dan pemahaman desainer terhadap sebuah ruangan dan objek objek masa depan. Biasanya menggunakan bahan bahan atau material logam/ kombinasi dan model yang biasa digunakan untuk pesawat ulang alik. Kelebihan konsep ini terletak pada desain yang bersifat iconic yang berbeda dengan lingkungan sekitar, sedangkan kekurangannya adalah pada harga material yang mahal karena kebanyakan menggunakan material logam dan kombinasinya sebagai finishing akhir.




Desain Interior Rumah Eklektik


konsep desain interior rumah bergaya eklektik




Eklektik berarti memadukan unsur terbaikyang adadari tiap gaya. Desain Interior Rumah bergaya Eklektik ini membutuhkan ruang lebih besar untuk bereksperimen; memadukan warna, corak, dan aksesor.Kelebihan nuansa eklektik adalah menjadikan rumah lebih segar, memikat, hangat, danhomey. Dalam gaya eklektik ini, desainer interior dituntut mampu menyeimbangkan berbagai unsur, rupa-rupa gaya yang disisipkan pasti lebih sedap dipandang.




    Berikut ini adalah contoh memadukan konsep desain kamar tidur, ruang tamu, dan dapur pada interior rumah tinggal pribadi yang dikerjakan oleh team Rumah Interior Lampung :






    interior kamar tidur
    Gambar Interior Kamar Tidur




    interior ruang tamu
    Gambar Interior Ruang Tamu




    interior kitchen set
    Gambar Interior Kitchen Set


    Ingin membangun rumah lengkap dengan desain Interior Rumah Tinggal Anda namun bingung mencari referensi ? tak perlu bingung, klik link Portfolio Rumah Interior Lampung berikut ini :





















Terimakasih atas kunjugan anda semoga artikel ini bisa benjadi acuan untuk membangun rumah di masadepan untuk keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar